Tips Membeli Durian yang Baik

Bulan November, Desember, dan Januari emang bulannya durian. Sebagai pecinta durian, saya tentunya nggak bakal ngelewatin momen istimewa itu😀. Sering kali orang-orang pada bingung bagaimana cara memilih durian yang baik. Beberapa dari mereka justru sering meminta saran kepada penjual untuk memilihkan durian yang akan dibelinya. Kalau kita dapat penjual yang jujur, tentu hal itu tidak akan menjadi masalah. Namun ketika kita membeli kepada pedagang yang sedikit nakal, kita akan dengan mudah tertipu, durian yang tidak berkualitas lah yang diberikan kepada kita. Harga durian dengan kualitas baik di jakarta memang sedikit mahal jika dibandingkan dengan daerah lain. Apalagi untuk seorang mahasiswa perantauan seperti saya, nggak bisa tiap hari juga beli duriannya, hehe..

Kebetulan memang dari dulu saya sudah suka durian, jadi sudah tau sedikit ilmu untuk membedakan mana durian yang baik dan yang tidak. Akhir-akhir ini saya menjadi penggila durian. Saya belinya juga nggak pernah di tempat yang sama, niatnya sih emang menguji cara memilih durian yang baik, dan alhamdulillah selalu sukses. ternyata ilmu saya belum hilang, hehe😀.

Langkah-langkah untuk memilih durian yang baik adalah:

  1. Periksa bentuknya. Durian yang baik memiliki bentuk yang bulat, bukan lonjong. Durian yang bulat akan memiliki besar daging yang sama. Beberapa orang justru memilih buah yang bentuknya tidak beraturan dengan alasan memiliki daging yang tebal dan biji yang kurus. sebenarnya tebalnya daging tidak ditentukan oleh bentuk buah yang tidak beraturan.
  2. Durinya tebal dan jarang. Nah ini yang menurut saya menjadi syarat yang tidak bisa terlewatkan ketika kita akan membeli durian. Pilihlan duri yang jarang, artinya tidak terlalu rapat, dan cenderung tebal. Ciri durian yang seperti inilah yang paling dapat menjelaskan isi dari durian itu, dagingnya tebal dan bijinya kurus.
  3. tangkainya tebal dan tidak terlalu panjang. Ciri ini juga untuk menentukan apakah daging durian tebal dan bijinya kurus. Jika memungkinkan,belilah durian yang tangkainya pendek dan tebal, serta bergerigi. tangkai yang bergerigi menandakan bahwa durian itu jatuh dari pohonnya. Sedangkan tangkai yang potongannya rapi, menandakan durian itu sengaja dipotong menggunakan pisau, kemungkinannya tidak matang di pohon. Coba juga untuk mengiris sedikit tangkai durian itu, katanya sih jika rasanya manis, berarti daging duriannya juga manis. untuk yang ini sih saya sendiri belum pernah mencoba, males juga ngejilatin tangkai,, hehe..
  4. Cium ujungnya. Harusnya durian yang matang, apalagi matang di pohon itu mengeluarkan aroma yang kuat. Jika durian yang kita beli tidak mengeluarkan bau yang kuat, meskipun kita sudah mendekatkan hidung kita dengan kulit duriannya, maka kemungkinan duriannya kurang baik, ini biasanya duriannya tidak matang di pohon.
  5. pukul durian dengan apapun yang tumpul. coba ambil kayu atau apapun benda tumpul, kemudian pukul duriannya. Ini untuk mengetahui apakah duriannya matang. Agak sulit untuk membedakan bunyi, butuh waktu beberapa kali mencoba. kalo saya sih sudah sedikit bisa membedakan bunyi itu.

Setahu saya cuma itu sih yang bisa dilakukan untuk membedakan durian yang baik dan tidak. untuk mengilustrasikan, saya coba posting foto hasil berburu durian saya tadi sore.

di foto itu terlihat bahwa yang bergaris merah itu menggambarkan duri yang tebal dan jarang, sedangkan yang garis biru, saya melakukan kesalahan di situ. harusnya saya memilih tangkai yang tebal dan tidak panjang, namun karena tadi koleksi duriannya memang tidak ada yang memenuhi kriteria itu, akhirnya saya pilih seperti pada gambar di atas. Untuk tes wangi yang kuat dan suara yang khas, durian pilihan saya itu sangat wangi dan berbunyi baik, meskipun saya tahu durian itu tidak jatuh dari pohonnya, namun sengaja dipetik, terlihat dari tangkainya.

Categories: Uncategorized | 8 Comments

Post navigation

8 thoughts on “Tips Membeli Durian yang Baik

  1. rosi

    wah thanks ya, berguna banget nih

  2. makasih infonya😉 … dikit lagi musim durian nih, skarng aja udh rame .. hehe buat panduan milih2 ..

  3. adi15528

    Bos ada yg kurang informasinya… Dari Gambar durian diatas gimana rasanya (karena bos memilih tangkai yg panjang) ?….

  4. yudha

    masih ad yg kurang bos gmn cara mmbedakan yg mentega sm yg putih, tp ya mksh bnyk dgn ket.yg udah disampekan

  5. Pingback: Tips Memilih Durian yang Baik, Oke dan Berkah | a dreamer living the reality

  6. kalau durian matang kulitnya dipukul akan menimbulkan bunyi yg seperti apa?

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: