Perbedaan Sistem Informasi dengan Jurusan Lain

Perbedaan jurusan sistem informasi dengan jurusan komputer lain | jurusan sistem informasi adalah jurusan yang masih termasuk dalam kategori ilmu komputer. Dalam sistem informasi kita diajarkan mengenai komputer / pemrograman dan manajemen. tak heran jika kemudian di dalam mata kuliah jurusan sistem informasi terdapat yang namanya Supply Chain Management, Sistem Basis Data, Sistem Operasi, dan lain-lain. di jurusan Sistem Informasi ini kita dimaksudkan untuk menjadi seorang manajer TI yang handal. Jurusan Sistem Informasi yang banyak disorot di Indonesia di antaranya Binus, ITS, dan Stikom. Di ITS, pengadaan jurusan sistem informasi Sistem Informasi FTIF ini disyahkan secara formal berdasarkan Surat Keputusan Rektor ITS No. 1155.1/K03/PP/2001, tanggal 14 Juni 2001.

Adaptasi dan kurikulum yang ada di indonesia di antaranya

1. Computer Science (CS) untuk program studi (jurusan) Teknik Informatika atau Ilmu Komputer

2. Computer Engineering untuk program studi (jurusan) Sistem Komputer atau Teknik Komputer

3. Information Systems untuk Sistem Informasi atau Manajemen Informatika

Deskripsi mengenai beberapa jurusan dalam rumpun komputer adalah sebagai berikut:

Computer Engineering (CE) mempelajari antara lain tentang bagaimana mendisain dan merancang konstruksi komputer dan sistem berbasis computer yang baik. Ilmu yang terlibat adalah tentang hardware, software, komunikasi dan tentu saja memahami
proses interaksi antar bagian tersebut.


Computer Science (CS) mempelajari antara lain tentang bagaimana mengembangkan robotik, computer vision, intelligence system, bio-informatika, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer kedepannya. Untuk itu, ilmuwan komputer ini harus memelajari berbagai hal secara teoritis hingga dasar-dasar algoritma dan mengetahui cara mengimplementasikannya.

Information Systems (IS) mempelajari antara lain tentang bagaimana membangun dan mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan prosesbisnis yang ada, sehingga suatu institusi bisnis akan dapat mencapaitujuannya dengan efektif dan efisien

Information Technology (IT) mempelajari antara lain tentang bagaimana sebuah sistem informasi di sebuah institusi sudah tepat keberadaannya, berfungsi sesuai harapan, mudah dalam pengaturan operasional, serta aman.

Selain itu aspek non-teknis semisal memahami kebutuhan dari pengguna akhir, menterjemahkan kebutuhan manajemen, dan hal-hal praktis lainnya juga dipelajari.

Software Engineering (SE) mempelajari antara lain tentang bagaimana merancang-bangun dan memelihara
sebuah sistem software yang reliabel,efisien, efektif serta mudah dikembangkan dan dapat memenuhi kebutuhan dari kustomer atau pengguna.

Semua jurusan (program studi) sebenarnya memiliki mata kuliah yang boleh dikatakan sama, hanya pembobotannya berbeda. Bobot inilah yang nantinyamenentukan jalur karier dan bidang kerja lulusan. Kompetensi lulusan setiap jurusan biasanya di desain seperti di bawah:

1. Computer Engineering (CE) (Jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware

2. Computer Science (CS) (Jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer) diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.

3. Information System (IS) (Jurusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika) diharapkan menghasilkan lulusan yag mampu menganalisa

kebutuhan (requirement) dan proses bisnis (business process), serta mendesain sistem berdasarkan tujuan dari organisasi

4. Information Technology (IT) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasi dan memaintain infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi.

5. Software Engineering (SE) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktifitas pengembangan software berskala besar dalam tiap tahapannya (software development life cycle).

Computing Curricula membuat suatu komparasi umum dan pembobotan mata kuliah tiap jurusan dengan visualisasi grafis seperti di bawah. Sumbu horizontal menggambarkan arah pengembangan (apakah lebih teoritis atau lebih praktis), sedangkan sumbu vertikal menggambarkan topik dan desain mata kuliah yang diajarkan. Pembobotan ditandai dengan warna abu-abu tua pada visualisasi gambar.

Categories: Perbedaan Sistem Informasi dengan Jurusan Lain | Leave a comment

Post navigation

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: