6 Jurus Ampuh SEO

Search engine optimization (SEO) menjadi sangat penting sebab dapat meningkatkan jumlah dan kualitas traffic yang berkunjung ke web/blog dari suatu mesin pencari (search engine, SE), misalnya Google. O ya sebelum lebih jauh, dalam tulisan ini kita mengacu ke SE Google, sebab lebih dari 50% traffic berasal dari SE Google. Jika Anda bisa menempati tempat teratas dalam SE Google ini, maka bisa dipastikan Anda juga mempunyai posisi yang sama dalam SE lainnya.

Baik kita lanjut. Secara umum optimisasi suatu web/blog ditentukan dari konten dan link ke web/blog tersebut:

Website Optimization = Content + Links = High Ranking

Jika blog atau web Anda ingin menempati ranking tinggi dalam SE, maka di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan:

1. Link Popularity

Bagaimana Google menghitung Link Popularity? Perlu Anda ketahui bahwa semakin tinggi skor link popularity maka semakin tinggi ranking dalam SE.

Lantas, apa itu link popularity?

Sederhananya, link popularity adalah banyaknya link dari web/blog lain yang menaut ke web/blog Anda. Artinya, semakin banyak web/blog yang menaut ke Anda menunjukkan jika web/blog Anda dianggap favorit (atau dianggap penting) oleh web/blog lain tersebut. Hal inilah yang dinilai oleh SE, yaitu seberapa pentingnya Anda di “mata” web/blog lainnya.

TIPS:

 Ada beberapa website yang mempunyai tool yang bisa digunakan untuk menghitung link popularity, misalnya marketleap[dot]com. Tool ini akan menunjukkan skor link popularity web/blog Anda dari tiga SE teratas: Google, Yahoo, dan MSN.

2. Artikel

Artikel adalah konten utama suatu web/blog. Hal yang paling utama dalam menulis artikel ini adalah konsistensi. Jika Anda secara terus menerus menambahkan artikel secara konsisten ke dalam web/blog Anda maka akan sangat mempengaruhi link popularity web/blog Anda tersebut.

Selain untuk dimuat di web/blog Anda, tulislah juga artikel untuk di-submit ke Article Directories, dan buat link dari artikel ini ke web/blog Anda.

TIPS:

 Selalu akhiri artikel Anda dengan meletakkan link ke web/blog Anda. Biasanya tempat untuk melakukan ini adalah pada bagian bio-box (lihat contohnya seperti bagian bawah tulisan saya ini…nah, ngerti kan?🙂.

3. Kontrol kata-kata Anda!

Jangan serem dulu:-)…maksudnya Anda harus selalu memperhitungkan jumlah kata (words) yang terdapat dalam Meta Tag web/blog Anda. KATA dalam hal ini termasuk juga jumlah keyword. Istilahnya sih kerapatan kata (density). Jangan terlalu berlebihan atau terlalu sedikit. (Untuk penjelasan mengenai hal ini dapat Anda baca dalam artikel saya yang lain…nanti balik lagi deh ke blog saya kalau ingin membacanya🙂

TIPS: Ada beberapa tool yang dapat Anda gunakan untuk menghitung jumlah kata dalam Meta Tag, salah satunya adalah allworldphone[dot]com.

4. Optimisasi Title Tag

 Masukkan 1 sampai 2 keyword atau frase keyword utama Anda dalam title tag…tapi ingat, jangan membuatnya jadi seperti Daftar Keyword . Jika Anda membuatnya seperti daftar keyword, Anda bisa kena “tuduhan” melakukan spamming oleh Google. Akibatnya, kena cekal (blacklist) deh…:-)

 Untuk menghindari ini maka buatlah title tag yang berisi keyword tersebut menjadi kalimat yang dapat dibaca (dalam arti memiliki rasa).

 Buatlah title tag ini untuk dibaca oleh manusia, bukan oleh mesin. Jika hasil pencarian menampilkannya dalam SE maka para surfer akan mau meng-kliknya dan berkunjung ke web/blog Anda.

 Biasanya title tag yang terlalu panjang akan dipotong pada bagian ujungnya oleh SE. Karena itu sebaiknya letakkan keyword Anda pada bagian awal dari title tag tersebut.

5. Optimisasi Meta Description Tag

 Berikan deskripsi yang tepat mengenai web/blog Anda. Deskripsi ini biasanya akan terlihat di bawah title web/blog Anda dalam suatu hasil pencarian. Letakkan keyword utama Anda dalam deskripsi ini. Batasi jumlah kata dalam deskripsi ini, sekitar 10 sampai 15 kata saja.

 Usahakan untuk meletakkan frase keyword yang paling penting pada awal deskripsi, sehingga walaupun SE mengabaikan beberapa bagian dari keseluruhan deskripsi ini tetapi frase keyword Anda masih tetap ditampilkan.

6. Optimisasi Meta Keywords Tag

Sebenarnya hal ini masih menjadi perdebatan di kalangan “ahli” SEO, jadi ini bisa menjadi pilihan tambahan saja.

TIPS: Masukkan keyword yang termuat dalam body text saja, dan tidak lebih dari 5 sampai 7 keyword. Tambahkan alternantif dari sinonim keyword tersebut.

Sumber: cari-uang-online-pemula.blogspot.com

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: