Belajar SEO

SEO atau bahasa enaknya Optimasi Search Engine adalah usaha mengoptimasi sebuah website agar mendapat peringkat yang bagus di hasil pencarian searh engine.

Lalu untuk apa? Sebenarnya sederhana saja sih yaitu untuk menarik pengunjung baru ke situs Anda, dan web menjadi mudah ditemukan oleh pengunjung yang tepat yang memang sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Tidak dapat dipungkiri, sebagian besar atau bahkan semua pengguna internet akan menggunakan search engine bila tidak mengetahui situs mana yang akan dituju untuk memenuhi kebutuhannya. Nah disinilah menariknya, karena pengunjung jarang sekali yang akan rela, meneliti satu-persatu semua hasil pencarian search engine. Untuk itulah peringkat yang bagus di search engine mutlak diperlukan.

Lalu bagaimana ?

Sebagaimana usaha memasarkan produk secara offline, hal yang paling dibutuhkan adalah sebuah brand. Branding dalam marketing adalah sebuah keniscayaan. Sehingga custumor selalu ingat akan sebuah produk setiap dia membutuhkan.

Nah dalam hal SEO, siapakah custumor-nya? Tidak lain dan tidak buka adalah Search Engine itu sendiri. Nah clue satu sudah didapat. Tinggal bagaimana agar Search Engine dapat selalu mengingat website Anda setiap ada keyword yang berhubungan dengan website atau produk yang ada dalam website Anda.

Tahapan SEO

Sebelum kita menunjukkan apa dan bagaimana website dan produk Anda, sudah semestinya Anda harus yakin bahwa website telah benar-benar siap untuk dilihat orang lain termasuk search engine.

Apa saja yang harus dipersiapkan ? Meski tidak utama, tapi desain web yang bagus akan sangat menunjang profesionalitas Anda. Selain itu hubungan antar halaman harus jelas dan mudah, tentu saja agar search engine mudah membacanya. Hal ini perlu ditunjang dengan struktur file yang rapi. Struktur file yang acak-acakan akan mempersulit search engine membaca website.

Hal yang perlu diperhatikan berikutnya adalah masalah konten atau isi. Konten sebuah website sudah seharusnya disesuaikan dengan bidangnya. Sehingga setiap search engine dipanggil pada bidang itu, search engine akan langsung mengingat website Anda.
Nah tahapan berikutnya, setelah yakin bahwa website Anda benar-benar siap adalah mengumumkan bahwa website kita ada. Ada pepatah, tak kenal maka tak sayang. Begitu juga search engine, bila tak kenal website Anda tentu tidak akan menampilkan website Anda di halaman pencariannya.

* Diunduh dari http://ahmad.indieoffset.com/

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: