41 UNIVERSITAS KELUAR SPMB

Universitas-universitas di Indonesia banyak yang memutuskan untuk keluar dari Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). Hingga saat ini tercatat sebanyak 41 universitas yang keluar dari ujian saringan masuk yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.
Selanjutnya, kepanitiaan penerimaan mahasiswa baru dari jalur SPMB akan dilakukan lewat koordinasi mandiri oleh sejumlah perguruan tinggi yang telah memutuskan untuk keluar tersebut.

Ketidakcocokan antara sejumlah rektor PTN dengan Perhimpunan SPMB mengenai pengelolaan keuangan dari pendaftaran calon mahasiswa baru menjadi alasan utama keluarnya 41 PTN. Selama ini, keanggotaan Perhimpunan SPMB berjumlah sekitar 80 institusi.

“Perhimpunan SPMB keliru menerjemahkan aturan pemerintah lewat Kepeutusan Menteri keuangan (Kepmenkeu) Nomor 115 pasal 2 B Tahun 2001 tentang Tata Cara Penggunaan Penerimaan Negara Bukan Pajak pada Perguruan Tinggi Negeri. Hal itu yang kami tidak sejalan. Karenanya, Undip dan beberapa PTN lain akan keluar dari Perhimpunan SPMB,” tegas Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof Dr dr Susilo Wibowo melalui Kepala Humas Undip Adi Nugroho di Kota Semarang, Minggu (9/3).

Selama ini, karena

merasa menjadi sebuah organisasi swasta, perhimpunan SPMB menilai pengelolaan keuangan adalah wilayah otonom mereka. Akhirnya, laporan keuangan hanya disampaikan dalam rapat pemegang saham setiap akhir tahun.

Namun demikian, sejumlah PTN yang memutuskan keluar tersebut menganggap dana yang dihimpun Perhimpunan SPMB seharusnya menjadi Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Oleh karena itu, uang tersebut harus disetor ke kas negara. Penggunaan dana untuk operasional dapat dilakukan dengan mengajukan proposal terlebih dulu.

Setelah dikutip dari harian online kompas Minggu, 9 Maret 2008, menurut Adi, 41 PTN yang memutuskan keluar dari Perhimpunan SPMB didominasi oleh perguruan tinggi dari Jawa Timur, Jawa Tengah, serta DI Yogyakarta. “Seluruh PTN dari Jatim, Jateng, dan DIY memutuskan keluar. Ada kemungkinan, perguruan tinggi negeri lainnya menyusul,” kata dia.

Sebagai ganti SPMB, Undip bersama 40 PTN lain, akan mengadakan kembali Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN). Rencananya, pendaftaran UMPTN akan dibuka pada Juni mendatang. Kepastian tanggal pelaksanaan akan diumumkan kemudian, menunggu hasil rapat koordinasi dengan sejumlah PTN lain, pertengahan Maret 2008.

Adi menjelaskan, pelaksaaan pendaftaran UMPTN kemungkinan akan bersamaan dengan pendaftaran Ujian Mandiri Undip tahap dua yang juga akan diselenggarakan pada Juni atau Juli mendatang, termasuk pengumuman penerimaannya. Keseluruhan mahasiswa baru yang dijaring melalui UMPTN, UM Undip satu, dan UM dua serta Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) akan masuk kuliah awal September 2008 .

“Sekali lagi perlu ditegaskan, seleksi penerimaan mahasiswa baru guna menjaring mahasiswa baru Undip tahun 2008 ini tetap ada, hanya kepanitian yang menaunginya yang berbeda,“ucap Adi. (A05)

Categories: 41 UNIVERSITAS KELUAR SPMB | Leave a comment

Post navigation

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: