Mendapatkan Uang dari Internet

Stasiun TV menerima iklan dari pemilik produk barang atau jasa dan tentu memungut bayaran atau memasang tarif yang tidak murah (setiap 30 detik tayang dipasang tariff Rp 35 juta dan ini bisa lebih, tergantung dari reputasi, rating, waktu penayangan dan jumlah pemirsa/ penonton stasiun TV nya). Stasiun TV mendapatkan banyak uang karena penonton yang menyaksikan acara TV dan iklan.

Sekarang kita bertanya, apa yang kita peroleh dari menonton TV? Adakah stasiun TV membayar kita karena menonton? atau membagi hasil pendapatan iklan komersial mereka kepada kita penonton setianya? Paling-paling mereka sesekali mengadakan kuis sms berhadiah yang diundi, itupun tariff per sms nya mahal. Bayangkan jika yang mengirim sms ada 1 juta penonton TV ! Dari total biaya per sms saja, stasiun TV nya sudah bisa membeli mobil untuk
hadiah utamanya dan hadiah-hadiah hiburan lainnya.

Dipelopori oleh google.com yang memberikan peluang bagi semua pengguna internet untuk mendapatkan bagian dari keuntungan google.com sebagi mesin pencari dan penayang iklan. Tahun 2006 lalu google.com memperoleh laba lebih dari $ 1 milyar (kalau di Rp. kan berapa ya…?). Karena begitu populernya, google.com sebagai salah satu situs web yang paling banyak pengunjungnya. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan berlomba-lomba memasang iklan dan mendaftarkan domainnya di google.com dengan harapan pengguna jasa internet melihat iklan mereka atau mengunjungi situs web mereka. Sudah tentu google.com mendapat uang dari para pengiklan ini.

Tetapi yang jauh berbeda dengan kasus stasiun TV diatas adalah google.com memberlakukan “system bagi hasil” dengan pengguna internet. Bagaimana caranya? Yaitu dengan memberikan kesempatan bagi setiap pengguna internet memiliki situs web sendiri (seperti stasiun TV sendiri/ milik perorangan) dengan nama domain pilihan kita sendiri, kemudian google.com menitipkan iklan-iklan kliennya di halaman web kita. Google.com tidak memungut biaya sepeserpun karena telah mendapat bagian dari system bagi hasil tadi.

Saat ini telah banyak perusahaan online atau dotcom lainnya yang menerapkan konsep ini dan sedang membangun network/jaringan ke seluruh dunnia. Karena siapa yang memiliki banyak pengguna layanan maka disinalah iklan-iklan akan bertebaran. Kita dapat mengambil keuntungan dari dunia maya ini dengan bergabung ke perusahaan-perusahaan dotcom ini.

Indonesia dengan jumlah penduduk yang mencapai 240 juta merupakan target pasar yang potensial bagi para produsen. Sehingga perusahaan-perusahaan dotcom serupa akan berupaya sekuat tenaga merekrut orang-orang asli Indonesia sebagai perpanjangan tangan untuk menyebarkan iklan-iklan klien mereka.


Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: